Tips Sukses Lolos SBMPTN 2016

Tips Sukses lolos SBMPTN 2016,  trik dan strategi mensiasati lolos passing grade.

Apa yang harus dilakukan menjelang SPMB? Sebaiknya Anda tidak usah sibuk-sibuk lagi mempelajari materi yang akan diujikan. Materi tersebut harus sudah Anda siapkan sebelum UN. Jadi, di samping belajar untuk menghadapi UN, juga belajar untuk menghadapi SPMB Oleh karena itu, hari-hari menjelang SPMB dapat Anda manfaatkan untuk sekadar mempersiapkan pendahuluon strategi tertentu dalam mengerjakan soal-soal SPMB atau dalam memilih jurusan dan PTN yang diminati, dan menjaga kesehatan Gangan sampai sakit). 
Lolos SBMPTN 2016

Menjaga Kesehatan

Biasanya, seorang siswa yang sungguh-sungguh dalam mengikuti SPMB, semakin mendekati hari H nya, akan merasa semakin cemas (takut tidak lulus). Kondisi seperti ini sangat mem- pengaruhi kesehatan. Pada awalnya, nafsu makan berkurang. Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti ini, segeralah tanggulangi. Sering seringlah berolah raga, tetapi ingat! Olah raga di sini hanya sekadar untuk menjaga kebugaran tubuh dan untuk menghilangkan rasa jenuh (stres) saja Dengan demikian diharapkan saat menghadapi ujian, badan dalam keadaan fit (siap tempur).

tips SBMPTN 2016

Masalah Lembar Komputer

Komputerisasi ini dimaksudkan Seluruh proses penilaian SPMB dilakukan dengan komputer. benar-benar agar didapatkan hasil yang objektif sehingga siswa yang lolos dalam SPMB memang kasus siswa pilihan (mempunyai kualitas yang lebih baik). Namun demikian, sering juga terjadi seorang siswa yang sebenamya mempunyai prestasi akademik yang tinggi tetapi gagal dalam SPMB. Sebenarnya, banyak faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut. Namun, penyebab yang paling sering terjadi adalah kesalahan dalam mengisi lembar komputer, baik pada formulir pendaftaran maupun pada lembar jawaban. Dalam pengisian lembar komputer. sedikit saja membuat kesalahan dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, perhatikanlah dengan sungguh-sungguh petunjuk pengisiannya. Petunjuk tersebut secara umum adalah sebagai berikut Formulir pendaftaran dan lembar jawaban tidak boleh kotor. sobek. terlipat. atau basah. 2) Formulir pendaftaran dan lembar jawaban hanya boleh diisi dengan pensil 2B saja. Pengisian dengan alat tulis lain (tinta, pensil H dsb.) akan berakibat isian tersebut tidak akan terbaca oleh komputer. 3) Apabila terjadi salah pengisian, hapuslah bagian yang salah dengan karet penghapus yang baik sampai bersih, kemudian isi kembali dengan isian yang benar. 4) Jangan sekali-kali menghitamkan atau menulis sesuatu pada bagian formulir yang tidak diminta untuk diisi, dan jangan sekali-kali menghapus garis-garis hitam atau bulatan-bulatan hitam yang sudah tercetak pada lembar komputer. 5) Pada waktu menghitamkan satu bulatan, harus sehitam mungkin dan harus penuh, tetapi jangan sampai merusak kertas atau keluar dari bulatan. 6) jika dalam satu kolom dihitamkan dua bulatan atau lebih, maka isian tersebut otomatis dianggap salah.
tips sbmptn 2016

Mengecek Tempat Ujian

Sehari menjelang SPMB, sempatkan untuk mengecek dan mengetahui tempat duduk Anda. Hal persiapan psikologis Anda. Dengan mengetahui tempat ujian itu, Anda akan dapat memperkirakan lamanya perjalanan dari rumah ke tempat les, menentukan jam keberangkatan agar tidak datang terlalu pagi tetapi juga tidak terlambat, memperkirakan kemacetan lalu lintas di pagi hari, dan sebagainya. Keuntungan lainnya adalah Anda akan memperoleh kekuatan psikologis tambahan sebelum SPMB. Jika Anda telah menemukan tempat ujian, dan jika ruangnya lerbuka, berusahalah untuk masuk ke Duduklah kursi yang akan Anda tempati dan bayangkan bahwa di tempat tersebut, Anda akan bersaing untuk memperebutkan cit Anda. Dengan menciptakan kondisi seperti itu, maka keesokan harinya Anda tidak akan gugup ketika masuk dan duduk di tempat itu Jangan sekali-kali menganggap remeh hal tersebut. Pernah terjadi, seorang peserta terpaksa tidak dapat mengikuti SPMB karena kecelakaan lalu lintas. Setelah diusut temyata dia menjalankan kendaraannya dengan kecepatan yang tinggi karena belum tahu tempat ujiannya, sehingga takut terlambat tiba di tempat ujian. Dan ingat, keterlambatan memasuki ruangan ujian dapat meng akibatkan buyarnya konsentrasi ketika menghadapi soal, badan lemas, pikiran suntuk dan semangat untuk menghadapi ujian hari berikutnya akan surut.
tips sbmptn 2016



Datang Lebih Awal

Usahakanlah agar Anda tiba di tempat ujian beberapa saat sebelum ujian berlangsung. Dengan datang lebih awal, kita akan dapat tenang ketika memasuki ruangan ujian. Jika Anda datang terlalu mepet atau bahkan terlambat, pikiran dan konsentrasi Anda akan kacau. Akibatnya, apa yang telah Anda pelajari dan persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya bisa hilang. Namun demikian, datang terlalu awal sebenarnya juga merugikan. Ada kemungkinan di antara teman-teman kita yang belum siap sepenuhnya akan bertanya tentang berbagai hal. Masih untung kalau pembicaraannya masih berkisar pada materi yang akan diujikan pada hari itu, Kalau pembicaraan itu bergeser ke arah lain, dapat merusak konsentrasi.
Menghindari Diskusi Menjelang Ujian
Bagi Anda yang telah mempersiapkan diri, sebaiknya menghindari diskusi menjelang ujian. Diskusi akan dapat menyebabkan kepercayaan diri berkurang. jika dalam diskusi tersebut ada hal-hal yang tidak Anda ketahui karena itu, akan lebih baik jika tidak terpancing ikut dalam suatu diskusi.

TIPS SBMPTN 2016 PASTI LOLOS


Memperhatikan Waktu

SPMB dilaksanakan serentak secara nasional selama dua hari. Materi ujian seleksi ini dibagi dalam dua kelompok. yaitu kemampuan dasar pada hari pertama dan kemampuan khusus pada hari kedua. Materi ujian kemampuan khusus terdiri dari kemampuan IPA dan kemampuan IPs Materi ujian kemampuan dasar terdiri dari PPKn sebanyak 15 soal, Matematika Dasar sebanyak 2s soal. Bahasa Indonesia sebanyak 35 soal, dan Bahasa Inggris sebanyak 30 soal. Adapun materi kemampuan khusus untuk kelompok IPA terdiri dari Matematika IPA sebanyak 10 soal Biologi sebanyak 15 soal, Kimia sebanyak 15 soal. Fisika sebanyak 15 soal, dan IPA Terpadu sebanyak 20 soal, dan untuk kelompok IPs terdiri dari IPs dan IPs terpadu. Jumlah soal IPs 30 buah dan jumlah soal IPS terpadu 20 buah. Mata pelajaran IPs terdiri atas ekonomi, geografi sejarah, sosiologi, dan antropologi.
Kebanyakan peserta S kesulitan menghadapi kemampuan dasar pada hari pertama. Namun saat menghadapi materi ujian kemampuan khusus pada hari kedua, terutama kelompok IPA. hampir semua peserta SPMB merasa kesulitan. Jadi, terutama pada ujian kemampuan khusus bari kedua, Anda harus benar-benar dapat menggunakan waktu secara efisien. karena itu, kerjakanlah terlebih dahulu semua soal yang Anda anggap mudah jangan sampai terfokus pada soal yang sulit dikerjakan soal-soal yang memang sulit dikerjakan. kalau perlu tidak usah dikerjakan sebab kalau jawabannya salah malah akan mengurangi nilai Perlu Anda ketahui, dalam SPMB, jawaban benar nilainya +4. jawaban jika salah nilainya -1
Namun demikian, usahakan Anda dapat mengerjakan minimal 60% dari keseluruhan soal Hal ini disebabkan, berdasarkan pegalaman. peserta yang dapat lolos SPMB nilainya berkisar antara 50s sampai 65%. Akan tetapi perlu diketahui, nilai ini adalah nilai yang bersih, maksudnya jumlah jawaban yang benar dikalikan +4 dikurangi jumlah Jawaban yang salah harus sama dengan 50 sampai 65% dari total jumlah soal dikalikan +4. Contoh: Misalnya jumlah soal SPMB 100 soal, maka skor nilai maksimum 100 x 4 400. Jika misalnya Anda dapat mengerjakan 60 soal dan salah 10, maka skor nilai Anda adalah: (60 x 4) 10 240. Karena 240 lebih dari 200 (50% dari 400), maka kemungkinan besar Anda berhasil lolos SPMB sesuai dengan pilihan Anda.

TRIK SBMPTN

Sesudah Ujian Hari Pertama

 Biasanya, selepas ujian hari pertama, para peserta berkerumun untuk membicarakan hasil ujiannya. Mereka berusaha untuk mengetahui hasil ujiannya. Pengecekan hasil ujian hari pertama seperti ini sebenarnya baik-baik saja bagi mereka yang sukses. Dengan mengetahui hasil ujiannya di hari pertama, mereka akan lebih bersemangat untuk menghadapi ujian hari berikutnya. Tetapi hal itu dapat menjadi bumerang bagi mereka yang gagal di hari pertama ujiannya. Mereka akan lemas dan konsentrasi untuk menghadapi ujian hari berikutnya akan buyar. itu setelah ujian Untuk lebih baiknya, hindarilah pengecekan itu. Lakukanlah pengecekan pulang. Jangan berakhir. Akan lebih baik lagi, jika ujian hari pertama selesai, sebaiknya langsung hiraukan hasilnya! Beristirahatlah agar pikiran segar kembali untuk menghadapi ujian har berikutnya.


EmoticonEmoticon