RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
materi Besaran dan Satuan dalam Kurikulum 2013.
Identitas
- Satuan Pendidikan : SMA/MA
- Mata Pelajaran : Fisika
- Pokok Bahasan : Besaran dan Satuan
- Sub Pokok Bahasan : Pengukuran
- Kelas / Semester : X / 1
Kompetensi dasar:
Indikator:
- Mendeskripsikan pengertian besaran pokok dengan tepat.
- Mendeskripsikan pengertian besaran turunan dengan tepat.
- Mendeskripsikan pengertian satuan dengan tepat.
- Melakukan pengukuran terhadap besaran pokok massa, panjang, dan waktu secara benar.
- Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengetahui besaran pokok dan turunannya serta satuan dalam SI.
- Menentukan dimensi suatu besaran fisika di kehidupan sehari-hari.
- Menganalisis dan menentukan dimensi besaran.
- Mengetahui definisi angka penting dan penerapannya.
- Menggunakan alat ukur besaran panjang dengan menggunakan penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
- Mengukur besaran panjang dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
- Membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur dengan tepat.
- Menentukan penjumlahan vektor suatu besaran fisika di kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian besaran pokok.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian besaran turunan.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian satuan.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menerapkan satuan besaran pokok dalam kehidupan sehari-hari.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menerapkan satuan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menentukan dimensi pada besaran pokok dan besaran turunan.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menerapkan dimensi besaran dari suatu besaran pokok dan turunan.
- Melalui percobaan, peserta didik dapat menggunakan alat ukur penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup untuk mengukur panjang suatu benda.
- Melalui percobaan, peserta didik dapat mengetahui penggunaan alat ukur serta membacanya.
- Melalui percobaan, peserta didik dapat mengukur besaran pokok massa, panjang, dan waktu.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan pengertian angka penting serta menerapkannya dalam perhitungan.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan besaran vektor.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat melakukan penjumlahan vektor.
- Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan perkalian vektor.
Alokasi Waktu
12 x 45 menit (6 x pertemuan)Bahan Ajar
- Pengertian Besaran Pokok.
- Besaran Turunan.
- Konversi Satuan.
- Analisis Dimensi.
- Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi).
- Kesalahan Pengukuran.
- Penggunaan Angka Penting.
- Vektor.
Metode Pembelajaran
Saintifik, Ceramah, eksperimen, dan tanya jawab.Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Jenis Kegiatan Kegiatan Pembelajaran : Pendahuluan
Alokasi waktu : 10 menit
kegiatan :
Jenis
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Salam Pembuka
2.
Perkenalan
3.
Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan apersepsi dengan menanyakan
kepada peserta didik,
berapa jarak rumah anda ke
sekolah?
Misalnya, jawaban 10 km. kemudian bertanya apakah arti 10? jawaban besar
atau nilai. Apakah arti km? jawaban satuan.
Kemudian menanyakan
kepada peserta didik, alat ukur
panjang itu apa saja? Jawaban mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Guru menjelaskan kegunaan besaran dan satuan dalam fisika
2.
Guru memberikan contoh besaran pokok dan besaran turunan dari beberapa
besaran fisika.
3.
Guru menunjukkan beberapa alat
yang ada dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didik.
4.
Peserta didik diminta untuk melakukan
percobaan terkait pengukuran besaran-besaran fisika.
5.
Peserta didik diminta untuk menuliskan besaran dari alat
tersebut dan konversi satuan
dari beberapa besaran fisika.
6.
Guru menjelaskan bagian-bagian penggaris, jangka
sorong, dan mikrometer sekrup.
7.
Guru menjelaskan tentang cara mengukur menggunakan penggaris,
jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
8.
Guru menjelaskan tentang kegunaan
penggaris,
jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
9.
Peserta didik diminta melakukan percobaan
menggunakan penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
10.
Guru memberikan tugas kepada peserta didik dan menjelaskan tata cara
mengerjakan tugas
|
70
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Memberikan tugas kepada peserta didik
2.
Memandu peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.
Salam penutup.
|
10
menit
|
Pertemuan Kedua
Jenis
Kegiatan
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam pembuka
2.
Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan apersepsi dengan menanyakan
kepada peserta didik: bagaimana membuktikan persamaan itu benar atau salah? Jawaban menggunakan
dimensi.
Kemudian
menanyakan kepada peserta didik, berapa banyak angka yang harus kita tulis dari hasil pengukuran, dengan
cara apa kita menentukannya? Jawaban menggunakan aturan angka penting.
|
15 menit
|
Kegiatan
inti
|
1.
Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi.
2.
Guru memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
3.
Peserta didik diminta untuk menuliskan contoh analisis dimensi dari
besaran turunan.
4.
Menjelaskan pengertian angka penting.
5.
Memandu dan menjelaskan penerapan
aturan angka penting.
6.
Menjelaskan penggunaan angka
penting dalam perhitungan.
7.
Memberikan contoh soal dan
memandu menyelesaiakannya.
8.
Menjelaskan jenis-jenis kesalahan
dalam pegukuran.
9.
Guru memberikan tugas kepada peserta didik dan menjelaskan tata cara
mengerjakan tugas
|
60
menit
|
Penutup
|
1.
Guru memberikan kesimpulan.
2.
Salam penutup
|
15
menit
|
Pertemuan Ketiga
Jenis
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Salam Pembuka
2.
Apersepsi
Apersepsi diisi
menanyakan kepada peserta didik, berapa banyak angka yang harus kita tulis dari hasil pengukuran, dengan
cara apa kita menentukannya? Jawaban menggunakan aturan angka penting
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Menjelaskan pengertian angka
penting.
2.
Memandu dan menjelaskan aturan
angka penting.
3.
Menjelaskan penggunaan angka
penting dalam perhitungan.
4.
Memberikan contoh soal dan
memandu menyelesaikannya.
5.
Menjelaskan jenis-jenis kesalahan
dalam pegukuran.
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Memberikan tugas kepada peserta didik
2.
Memandu peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.
Salam penutup.
|
15
menit
|
4.
Pertemuan
Keempat
Jenis
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Salam Pembuka
2.
Apersepsi
Apersepsi diisi
dengan menanyakan kepada peserta didik, sudah pernahkah anda menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup?
Kemudian menanyakan
kepada peserta didik, apakah
setiap pengukuran ymenggunakan alat ukur itu memperoleh nilai yang pasti?
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Menjelaskan tentang pengukuran tunggal dan pengukuran berulang
2.
Menjelaskan tentang kesalahan
pengukuran.
3.
Menjelaskan pengertian ketidakpastian pengukuran.
4.
Menyebutkan ketidakpastian alat ukur.
5.
Menjelaskan cara menghitung ketidakpastian pengukuran.
6.
Menjelaskan cara penulisan ketidakpastian pengukuran.
7.
Menjelaskan tentang penulisan hasil ukur.
8.
Peserta didik melakukan eksperimen dan dan menuliskan hasil eksperimen
|
70
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Memandu peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
2.
Salam penutup.
|
10
menit
|
Pertemuan Kelima
Jenis
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
1.
Salam Pembuka
2.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dan apersepsi dengan menanyakan
kepada peserta didik, setelah
anda mempelajari besaran dan satuan yang manakah besaran yang hanya mempunyai
nilai dan yang mana yang mempunyai nilai dan arah?
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru menjelaskan besaran vektor dalam fisika
2.
Guru memberikan contoh besaran vektor beberapa besaran fisika.
3.
Guru menjelaskan tentang penjumlahan vektor.
4.
Guru menjelaskan tentang perkalian vektor.
|
60
menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Memberikan tugas
kepada peserta didik.
2.
Memandu peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.
Salam penutup.
|
15 menit
|
Pertemuan Keenam
Jenis
Kegiatan
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1.
Salam Pembuka.
2.
Peserta didik mempersiapkan diri untuk ulangan.
3.
Guru membagikan soal dan menjelaskan peraturan untuk ulangan.
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1.
Peserta didik mengerjakan ulangan.
2.
Guru mengawasi ulangan yang sedang berlangsung.
3.
Kondisi kelas tenang
|
60
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Lembar soal dan jawaban ulangan peserta didik dikumpulkan.
2.
Salam penutup.
|
15
menit
|
Media Pembelajaran
- Buku Fisika yang relevan.
- Alat percobaan.
- Alat tulis menulis.
- LKS.
Penilaian
No
|
Jenis Penilaian
|
Aspek yang dinilai
|
1
|
Kognitif
|
Kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan/ soal
|
2
|
Psikomotor
|
Keaktifan peserta didik dalam melakukan eksperimen
|
3
|
Afektif
|
Sikap peserta didik dalam proses pembelajaran
|
EmoticonEmoticon