RPP Besaran dan Satuan Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

materi Besaran dan Satuan dalam Kurikulum 2013.

RPP

Identitas

  • Satuan Pendidikan     : SMA/MA
  • Mata Pelajaran           : Fisika
  • Pokok Bahasan           : Besaran dan Satuan
  • Sub Pokok Bahasan    : Pengukuran
  • Kelas / Semester          : X / 1
Kompetensi Inti     :

RPP Kompetensi dasar:



RPP
 rpp

Indikator:

  1. Mendeskripsikan pengertian besaran pokok dengan tepat.
  2. Mendeskripsikan pengertian besaran turunan dengan tepat.
  3. Mendeskripsikan pengertian satuan dengan tepat.
  4. Melakukan pengukuran terhadap  besaran pokok massa, panjang, dan waktu secara benar.
  5. Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Mengetahui besaran pokok dan turunannya serta satuan dalam SI.
  7. Menentukan dimensi suatu besaran fisika di kehidupan sehari-hari.
  8. Menganalisis dan menentukan dimensi besaran.
  9. Mengetahui definisi angka penting dan penerapannya.
  10. Menggunakan alat ukur besaran panjang dengan menggunakan penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
  11. Mengukur besaran panjang dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
  12. Membaca nilai yang ditunjukkan alat ukur dengan tepat.
  13. Menentukan penjumlahan vektor suatu besaran fisika di kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian besaran pokok.
  2. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian besaran turunan.
  3. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian satuan.
  4. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menerapkan satuan besaran pokok dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menerapkan satuan besaran turunan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menentukan dimensi pada besaran pokok dan besaran turunan.
  7. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menerapkan dimensi besaran dari suatu besaran pokok dan turunan.
  8. Melalui percobaan, peserta didik dapat menggunakan alat ukur penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup untuk mengukur panjang suatu benda.
  9. Melalui percobaan, peserta didik dapat mengetahui penggunaan alat ukur serta membacanya.
  10. Melalui percobaan, peserta didik dapat mengukur besaran pokok massa, panjang, dan waktu.
  11. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan pengertian angka penting serta menerapkannya dalam perhitungan.
  12. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan besaran vektor.
  13. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat melakukan penjumlahan vektor.
  14. Dengan penjelasan guru, peserta didik dapat menjelaskan perkalian vektor.


Alokasi Waktu

12 x 45 menit (6 x pertemuan)

Bahan Ajar


  1. Pengertian Besaran Pokok.
  2. Besaran Turunan.
  3. Konversi Satuan.
  4. Analisis Dimensi.
  5. Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi).
  6. Kesalahan Pengukuran.
  7. Penggunaan Angka Penting.
  8. Vektor.

Metode Pembelajaran

Saintifik, Ceramah, eksperimen, dan tanya jawab.



Kegiatan Pembelajaran


1.    Pertemuan Pertama

Jenis Kegiatan    Kegiatan Pembelajaran : Pendahuluan

Alokasi waktu : 10 menit

kegiatan :



Jenis Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.      Salam Pembuka
2.      Perkenalan
3.      Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan apersepsi dengan menanyakan kepada peserta didik, berapa jarak rumah anda ke sekolah?
Misalnya, jawaban 10 km. kemudian bertanya apakah arti 10? jawaban besar atau nilai. Apakah arti km? jawaban satuan.
Kemudian menanyakan kepada peserta didik, alat ukur panjang itu apa saja? Jawaban mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
10 menit
Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan kegunaan besaran dan satuan dalam fisika
2.    Guru memberikan contoh besaran pokok dan besaran turunan dari beberapa besaran fisika.
3.    Guru menunjukkan beberapa alat yang ada dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didik.
4.    Peserta didik diminta untuk melakukan percobaan terkait pengukuran besaran-besaran fisika.
5.    Peserta didik diminta untuk menuliskan besaran dari alat tersebut dan konversi satuan dari beberapa besaran fisika.
6.    Guru menjelaskan bagian-bagian penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
7.    Guru menjelaskan tentang cara mengukur menggunakan penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
8.    Guru menjelaskan tentang kegunaan penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
9.    Peserta didik diminta melakukan percobaan menggunakan penggaris, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
10.             Guru memberikan tugas kepada peserta didik dan menjelaskan tata cara mengerjakan tugas
70 menit
Kegiatan Penutup
1.      Memberikan tugas kepada peserta didik
2.      Memandu peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.      Salam penutup.
10 menit


Pertemuan Kedua

Jenis Kegiatan
Kegiatan pembelajaran
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.      Salam pembuka
2.      Guru memberi motivasi kepada peserta didik dan apersepsi dengan menanyakan kepada peserta didik: bagaimana membuktikan persamaan itu benar atau salah? Jawaban menggunakan dimensi.
Kemudian menanyakan kepada peserta didik, berapa banyak angka yang harus kita tulis dari hasil pengukuran, dengan cara apa kita menentukannya? Jawaban menggunakan aturan angka penting.
15 menit
Kegiatan inti
1.    Guru menjelaskan kegunaan analisis dimensi.
2.    Guru memberikan contoh dimensi dari beberapa besaran fisika.
3.    Peserta didik diminta untuk menuliskan contoh analisis dimensi dari besaran turunan.
4.    Menjelaskan pengertian angka penting.
5.    Memandu dan menjelaskan penerapan aturan angka penting.
6.    Menjelaskan penggunaan angka penting dalam perhitungan.
7.    Memberikan contoh soal dan memandu menyelesaiakannya.
8.    Menjelaskan jenis-jenis kesalahan dalam pegukuran.
9.    Guru memberikan tugas kepada peserta didik dan menjelaskan tata cara mengerjakan tugas
60 menit
Penutup
1.    Guru memberikan kesimpulan.
2.    Salam penutup
15 menit

Pertemuan Ketiga

Jenis Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Salam Pembuka
2.      Apersepsi
Apersepsi diisi menanyakan kepada peserta didik, berapa banyak angka yang harus kita tulis dari hasil pengukuran, dengan cara apa kita menentukannya? Jawaban menggunakan aturan angka penting
15 menit
Kegiatan Inti
1.      Menjelaskan pengertian angka penting.
2.      Memandu dan menjelaskan aturan angka penting.
3.      Menjelaskan penggunaan angka penting dalam perhitungan.
4.      Memberikan contoh soal dan memandu menyelesaikannya.
5.      Menjelaskan jenis-jenis kesalahan dalam pegukuran.
60 menit
Kegiatan Penutup
1.      Memberikan tugas kepada peserta didik
2.      Memandu peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.      Salam penutup.
15 menit

4.        Pertemuan Keempat
Jenis Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Salam Pembuka
2.      Apersepsi
Apersepsi diisi dengan menanyakan kepada peserta didik, sudah pernahkah anda menggunakan jangka sorong dan mikrometer sekrup?
Kemudian menanyakan kepada peserta didik, apakah setiap pengukuran ymenggunakan alat ukur itu memperoleh nilai yang pasti?
10 menit
Kegiatan Inti
1.      Menjelaskan tentang pengukuran tunggal dan pengukuran berulang
2.      Menjelaskan tentang kesalahan pengukuran.
3.      Menjelaskan pengertian ketidakpastian pengukuran.
4.      Menyebutkan ketidakpastian alat ukur.
5.      Menjelaskan cara menghitung ketidakpastian pengukuran.
6.      Menjelaskan cara penulisan ketidakpastian pengukuran.
7.      Menjelaskan tentang penulisan hasil ukur.
8.      Peserta didik melakukan eksperimen dan dan menuliskan hasil eksperimen
70 menit
Kegiatan Penutup
1.      Memandu peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
2.      Salam penutup.
10 menit

 Pertemuan Kelima

Jenis Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Salam Pembuka
2.      Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dan apersepsi dengan menanyakan kepada peserta didik, setelah anda mempelajari besaran dan satuan yang manakah besaran yang hanya mempunyai nilai dan yang mana yang mempunyai nilai dan arah?
15 menit
Kegiatan Inti
1.    Guru menjelaskan besaran vektor dalam fisika
2.    Guru memberikan contoh besaran vektor beberapa besaran fisika.
3.    Guru menjelaskan tentang penjumlahan vektor.
4.    Guru menjelaskan tentang perkalian vektor.
60 menit
Kegiatan Penutup
1.    Memberikan tugas kepada peserta didik.
2.      Memandu peserta didik untuk menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.      Salam penutup.
15 menit

  Pertemuan Keenam

Jenis Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Salam Pembuka.
2.      Peserta didik mempersiapkan diri untuk ulangan.
3.      Guru membagikan soal dan menjelaskan peraturan untuk ulangan.
15 menit
Kegiatan Inti
1.    Peserta didik mengerjakan ulangan.
2.    Guru mengawasi ulangan yang sedang berlangsung.
3.    Kondisi kelas tenang
60 menit
Kegiatan Penutup
1.      Lembar soal dan jawaban ulangan peserta didik dikumpulkan.
2.      Salam penutup.
15 menit



 Media Pembelajaran

  • Buku Fisika yang relevan.
  • Alat percobaan.
  • Alat tulis menulis.
  • LKS.

Penilaian
No
Jenis Penilaian
Aspek yang dinilai
1
Kognitif
Kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan/ soal
2
Psikomotor
Keaktifan peserta didik dalam melakukan eksperimen
3
Afektif
Sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


 

 

 



EmoticonEmoticon