Efek Jarak sumber radiasi pada counter berjendela tipis terhadap nilai cacah

Rating: 3.5



Praktikum Efek Jarak sumber radiasi pada counter Berjendela Tipis Terhadap Nilai cacah

A.    Tujuan Percobaan
1.      menyelidiki pengaruh jarak antara sumber radiasi dan counter berjendela tipis terhadap nilai cacah radiasi sumber radioaktif 

Dasar teori



Sistem  pencacah   radiasi   yang   digunakan   dalam  aplikasi   dan   penelitian  nuklir,  bertujuan untuk mengukur  kuantitas dan energi   radiasi.  Kuantitas  radiasi   merupakan   jumlah   radiasi   yang   memasuki   detektor.   Besarnya  kuantitas radiasi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: aktivitas  sumber   radiasi,   jenis   dan   energi   radiasi,   serta   jarak   dan   jenis   penahan  radiasi  yang disimpan di  antara sumber   radiasi  dan detektor.  Sedangkan  energi   radiasi  merupakan kekuatan dari   setiap  radiasi  yang dipancarkan  oleh  suatu  sumber   radiasi.  Besarnya   energi   radiasi   ini  bergantung pada  jenis radionuklidanya. Jenis radionuklida yang berbeda akan memancarkan  radiasi dengan energi yang berbeda.


1.  Sistem pencacah integral
Sistem  pencacahan   ini   digunakan   untuk  menghitung   jumlah   radiasi  yang   memasuki   detektor   tanpa   memperhatikan   tingkat   energi  radiasinya. Modul peralatannya dapat dikatakan sangat sederhana. Jenis  detektor yang digunakan adalah detektor   jenis G-M yang  tidak dapat  membedakan tingkat energi radiasinya.

Inverter berfungsi untuk meng-inversi-kan polaritas pulsa yang berasal  dari   detektor   G-M,  High   Voltage   Power   Supply  berfungsi   untuk  memberikan   sumber   energi   listrik   pada   detektor   G-M,  Counter  berfungsi  untuk menghitung  serta  menampilkan  jumlah pulsa  dalam  rentang  waktu   tertentu,   sedangkan   pencatat  waktu   berfungsi   untuk  menentukan rentang waktu pencacahan.










Jangkauan atau range adalah kemampuan zarah radiasi menempuh jarak atau dapat menembus medium. Jangkauan mirip dengan kehilangan energy sepanjang lintasan. Radiasi alpha hanya memepunyai jagkauan 2-3 cm di udara. Sedangakan di dalam medium, manurut persamaan Bragg-Kleeman

                                                                                              

Jangkauan juga merupakan bentuk kehilangan tenaga mirip dengan stoping power.
Para ilmuwan dan pekerja kesehatan yang menggunakan sumber radiasi sering diberitahu bahwa perlindungan yang terbaik adalah jarak, cara terbaik untuk meminimalkan paparan radiasi adalah tetap jauh dari sumber radiasi. Sebuah sumber radiasi yang secara fisik kecil, memancarkan sama ke semua arah,dikenal sebagai titik sumber. Dengan mempertimbangkan cara radiasi meninggalkan sumbernya, akan dikembangkan model intensitas radiasi sebagai fungsi jarak dari sumber. Dengan model ini mungkin dapat membantu untuk menjelaskan mengapa pengguna sumber radiasi memanfaatkan sumber kecil sumber gamma. Sinar gamma merupakan foton energi tinggi . Jika sumber merupakan sumber titik, dan jika udara hanya menyerap sedikit atau menyerap radiasi, gamma, maka intensitas radiasi dapat dijelaskan dengan baik dengan model ini. 


EmoticonEmoticon