Evek variasi ketebalan Bahan terhadap Atenuasi Radiasi Sinar gama

Rating: 4.5
Percobaan Evek variasi ketebalan Bahan terhadap Atenuasi Radiasi Sinar gama



1.    Koefisien Serapan Sinar GammaKoefisien serapan sinar gamma   merupakan suatu konstanta pembanding yang menghubungkan antarabesarnya intensitas sumber radioaktif yang terserap dengan ketebalan suatu bahan penyerap. Besarnyakoefisien serapan sinar gamma dapat ditentukan dengan mencacah intensitas sumber radioaktif yangmemancarkan sinar gamma dengan detektor Geiger-Muller. Untuk mendapat cacahan yang murni darisinar gamma, maka dalam percobaan perlu dicari cacah latar terlebih dahulu. Setelah cacahan latar inidiperoleh maka cacahan latar ini nantinya digunakan untuk mengurangi dari jumlah cacahan atauintensitas yang diperoleh, maksudnya bahwa intensitas sebenarnya yang dapat dipakai dalam perhitunganadalah intensitas yang dihasilkan oleh isotop tanpa bahan penyerap ataupun isotop dengan bahanpenyerap dikurangi dengan intensitas dari cacah latar. Hal ini dikarenakan bahwa di alam sekitar terdapatunsur-unsur radioaktif yang dapat terdeteksi oleh detektor.Jika bahan penyerap yang berupa lempengan timbal diletakkan diantara sumber sinar gamma dan detektor, maka intensitas yang terbaca pada alat akan berkurang karena sebagian intensitas terserapoleh lempeng timbal. Dapat dikatakan bahwa harga intensitas radiasi menurun secara ekponensialterhadap ketebalan bahan penyerap sinar gamma yang mempunyai tenaga tinggi akan menghasilkan pulsayang tinggi sedangkan sinar gamma bertenaga rendah akan menghasilkan pulsa yang rendah pula. Di lainpihak intensitas sinar gamma yang terdeteksi mempengaruhi cacah elektron yang dibebaskan.



Semakin tinggi intensitas sinar gamma makin banyak electron yang dibebaskan dan makin banyak pula pulsa yangdihasilkan oleh detektor.Ketebalan lempeng yang digunakan sebagai bahan penyerap masing-masing adalah 2 mm; 4mm; 6 mm; 8mm dan 10 mm. Ketika sinar gamma melewati material, maka sebagian sinar gamma tersebut diserap oleh material.Intensitas dari sinar akan berkurang sesuai dengan formula:
 I=Io . e pangkat (-ux)

dengan Io adalahintensitas awal, x jarak lintas sinar gamma (tebal medium Penyerap).

Dari persamaan diatas dapat dicari hubungan antara tebal penyerap x yang diperlukan untuk mereduksiintensitas berkas sinar gamma menjadi harga tertentu dinyatakan dalam koefisien atenuasi, µ. Rasioantara intensitas akhir dengan awal adalah :

I/ Io = e -uxln( I/ Io) = e –ux



Besarnya nilai   merupakan slope dari grafik hubungan antara intensitas sumber sinar gamma terhadapbeberapa ketebalan lempeng timbal. Dimana dalam bentuk grafik sumbu X sebagai fungsi ketebalan daribahan penyerap dan sumbu Y sebagi fungsi dari nilai –ln  . 


Dengan analisa sedernaha,

 tan alpa=Koerfisien atenuasi 

diperoleh besarnya  nilai serapan sinar gamma adalah cm-1.
Hasil  dari percobaan tidak dapat dibandingkan dengan data referensi, karena nilai tergantungpada energi foton sumber sinar gamma dan bahan penyerap yang digunakan dalam percobaan.

Berdasarkan dari percobaan yang dilakukan mengenai penentuan koefisien serapan sinar gamma lempeng timbalmenggunakan isotop 74 kBq Sr-90 sebagai sumber radiasi dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.    Intensitas sinar gamma mengalami penurunan setelah melewati material.
2.    Nilai koefisien serapan sinar gamma lead sebesar (0,9833 )cm-1


EmoticonEmoticon