IMPLEMENTASI KURIKULUM MODEL NESTED DAN MODEL SEQUENCED PADA KURIKULUM 2013


Model Nested dan implementasinya dalam Kurikulum 2013



Mata pelajaran berdasarkan perspektif kurikulum 2013 dipandang sebagai label konten yang merupakan unit organisasi konten terkecil di dalam kurikulum (Kemendikbud, 2012a: 6). Pengorganisasian konten setiap mata pelajaran meliputi konten sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Konsekuensinya, mata pelajaran harus disajikan secara integratif. Guru harus merancang kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa keterampilan siswa sesuai dengan yang tertuang dalam KI.

Salah satu model pembelajaran terpadu adalah nested. Model nested sesuai dengan prespektif kurikulum 2013 karena memadukan beberapa keterampilan belajar yang meliputi keterampilan berpikir (thingking skill), keterampilan sosial (social skill), dan keterampilan mengorganisasi (organizing skill) pada satu mata pelajaran untuk ketercapaian konten tertentu. Guru dapat menerapkan model ini sebagai upaya untuk mengorganisasikan konten sikap, pemngetahuan, dan keterampilan pada setiap kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan urian di atas, dapat disimpulkan bahwa kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran dilaksanakan secara terpadu. Mata pelajaran merupakan unit organisasi terkecil dalam kurikulum yang terdiri dari konten sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegratif. Model nested dapat diterapkan sebagai upaya untuk mengintegrasikan berbagai keterampilan dalam organisasi mata pelajaran.


EmoticonEmoticon