Rating: 4.5
RENCANA PEMBELAJARAN (RPP) GELOMBANG
SMA KELAS XII
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/ Semester : XII/1
Pertemuan ke : 1 sampai dengan 6
Alokasi waktu : 12 x 45 ’
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam
menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan
gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum
Indikator:
1.
Mengidentifikasi
karakteristik gelombang transfersal dan longitudinal
2.
Mengidentifikasi
karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
3.
Menyelidiki
sifat-sifat gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi, interferensi,
dispersi, difraksi, danpolarisasi) serta penerapnnya dalam kehidupan
sehari-hari
4.
Mengidentifikasi
persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner
Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi
katrakteristik gelombang transversal dan longitudinal melalui presentas,
percobaan atau demonstrasi di kelas secara klasikal
- Membedakan
karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik
- Mensdiskripsikan
sifat-sifat umum gelombang (pemantulan/pembiasan, superposisi,
interferensi, dispersi, difraksi, dan polarisasi)
- Merumuskan
persamaan gelombang (simpangan, kecepatan, fase, dan energi) Melakukan
percobaan Melde
Materi Ajar (Materi Pokok) :
1.
Gelombang
transversal, longitudinal
2.
Gelombang mekanik
dan elektromagnetik
3.
Peristiwa
superposisi, interferensi, dispersi, difraksi, dan polarisasi
4.
Persamaan
Gelombang
Metode Pembelajaran:
1.
Metode Eksperimen
2.
Tanya jawab
(diskusi)
3.
Penugasan
4.
Ceramah
Langkah-langkah
Pembelajaran:
I.
Pertemuan Pertama (2x 45”)
A.
Kegiatan awal
1.
Memotivasi dengan mengajukan
permasalahan
B.
Kegiatan Inti
1. Melakukan
presentasi dan percobaan untuk mengetahui karakteristik gelombang
2. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
3. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam berdiskusi
4. Memberi
latihan
C.
Kegiatan penutup
1.
Membimbing dan mengarahkan dalam
mengambil kesimpulan
II.
Pertemuan kedua (2 x 45’)
A.
Kegiatan awal
1.
Memotivasi dengan mengajukan
permasalahan
B. Kegiatan
Inti
1.
Memberi informasi tentang besaran gelombang
tranversal mekanik dan elektromagnetik
2.
Membimbing dan
mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
3. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam berdiskusi
4. Memberi
latihan
C.
Kegiatan penutup
1.
Membimbing dan mengarahkan dalam
mengambil kesimpulan
III.
Pertemuan ketiga (2 x 45’)
A.
Kegiatan awal
1. Memotivasi
dengan mengajukan permasalahan
B. Kegiatan
Inti
1.
Memberi informasi
tentang sifat gelombang : Difraksi dan Interferensi
2. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
2. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam berdiskusi
3. Memberi
latihan
C.
Kegiatan penutup
1.
Membimbing dan mengarahkan dalam
mengambil kesimpulan
IV.
Pertemuan kempat (2 x 45’)
A.
Kegiatan awal
1. Memotivasi
dengan mengajukan permasalahan
B. Kegiatan
Inti
1.
Memberi informasi
tentang sifat gelombang : Polarisasi
2.
Membimbing dan
mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
3. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam berdiskusi
4. Memberi
latihan
C.
Kegiatan penutup
Membimbing
dan mengarahkan dalam mengambil kesimpulan
V.
Pertemuan kelima (2 x 45’)
A.
Kegiatan awal
1. Memotivasi
dengan mengajukan permasalahan
B. Kegiatan
Inti
1.
Melakukan
percobaan Melde
2.
Membimbing dan
mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
3. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam berdiskusi
4. Memberi
latihan
C.
Kegiatan penutup
Membimbing
dan mengarahkan dalam mengambil kesimpulan
VI.
Pertemuan keenam
(2 x 45’)
A.
Kegiatan awal
1. Memotivasi
dengan mengajukan permasalahan
B. Kegiatan
Inti
1.
Memberikan
informas tentang persamaan gelombang dan energi gelombang
2.
Membimbing dan
mengarahkan siswa dalam mengerjakan LKS
3. Membimbing
dan mengarahkan siswa dalam berdiskusi
4. Memberi
latihan
C.
Kegiatan penutup
Membimbing
dan mengarahkan dalam mengambil kesimpulan
Alat/ bahan dan Sumber:
Alat dan bahan: bahan presentasi, lembar
kerja
Sumber: buku
Fisika, CD pembelajaran, LKS, Charta, Brosur, dan berbagai tulisan dari internet
Penilaian:
Penilaian dilakukan secara individu atau kelompok
yang meliputi penilaian penilaian kinerja (performamce assessment) pada saat
kegiatan berlangsung, tes tertulis, dan penugasan (proyek).
EmoticonEmoticon