CONTOH RPP HUKUM NEWTON GERAK VERTIKAL DAN GERAK MELINGKAR

Rating: 4.5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata pelajaran                  : Fisika
Kelas / Semester              : X /1   
Pertemuan ke                   :  
Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit
Standar kompetensi          : 2.       Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik.
Kompetensi Dasar            : 2.2.     Menerapkan hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus gerak vertikal dan gerak melingkar beraturan.
Indikator                           :
-    Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 1 Newton  (hukum inersia) dalam kehidupan sehari-hari
-    Mengidentifikasi penerapan prinsip hukum 2 Newton  dalam kehidupan sehari-hari
-    Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan

I.        TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Siswa mampu memberikan contoh penerapan Hukum I Newton dengan menggunakan berbagai media.
2.       Siswa mampu memberikan contoh penerapan Hukum II Newton dengan menggunakan berbagai media.
3.       Siswa mampu memberikan contoh penerapan Hukum III Newton dengan menggunakan berbagai media dalam kehidupan sehari-hari.
4.       Siswa mampu melakukan percobaan/demonstrasi yang berkaitan dengan hukum-hukum Newton.
5.       Siswa mampu menyebutkan karakteristik gaya gesekan statis dan kinetis.
6.             Memformulasikan Hukum-hukum Newton dalam penyelesaian masalah.


II.      MATERI PEMBELAJARAN
1.          Hukum I Newton
Hukum I Newton berbunyi : Jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sama dengan nol, maka  benda yang mula-mula diam akan terus diam, sedangkan benda yang semula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan konstan. Secara matematis dinyatakan sebagai berikut :
ΣF = 0
Hukum I Newton menggambarkan bahwa suatu benda akan cenderung mempertahankan keadaan diam atau bergeraknya. Hukum I Newton disebut juga Hukum kelembaman atau Inersia.
2.          Hukum II Newton
Hukum II Newton berbunyi : Percepatan yang dihasilkan dari resultan gaya yang bekerja pada suatu benda sebanding dengan resultan gaya dan berbanding terbalik dengan massa benda dan searah dengan resultan gaya. Secara matematis dirumuskan sebagai berikut :
a=ΣF/m

3.          Hukum III Newton
Hukum III  menyatakan bahwa : Untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama besar dengan arah yang berlawanan.  Secara matematis dinyatakan sebagai berikut :
F aksi = F reaksi
Contoh:
-          Saat berenang kita mendorong tangan dan kaki ke belakang (aksi), maka badan kita bergerak ke depan (reaksi).
-          Senapan mendorong peluru ke depan (aksi) dan peluru mendorong senapan ke belakang (reaksi).
-          Kaki pelari mendorong papan start ke belakang (aksi) dan papan mendorong kaki pelari ke depan (reaksi).

III.    MODEL, PENDEKATAN DAN METODE
Model                                 : DI (Direction Instruction)
Pendekatan             : Ketrampilan proses
Metode                               : Diskusi informasi, demonstrasi dan eksperimen.

IV.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.     Kegiatan Awal
-          Salam pembuka, mengecek kehadiran siswa.
-          Guru memberikan apersepsi dan motivasi mengenai fakta seharí-hari berkaitan dengan hukum Newton tentang gerak, misal saat naik mobil secara mendadak direm, apa yang terjadi ?
B.     Kegiatan Inti
-          Guru menunjuk beberapa siswa untuk mendemonstrasikan dengan menaruh suatu benda di atas kertas, kemudian kertas ditarik secara tiba-tiba, semestara siswa lain mengamati apa yang terjadi?
-          Siswa mengulangi demonstrasi di atas tetapi kertas ditarik dengan perlahan, kemudian secara tiba-tiba dihentikan, siswa lain mengamati apa yang terjadi?
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memberikan komentar dari demonstrasi tersebut.
-          Guru menginformasikan tentang hukum Newton kaitannya dengan demonstrasi yang baru dilaksanakan.
-          Guru menginformasikan hukun II Newton disertai contohnya dalam keseharian.
-          Guru menginformasikan tentang Hukum III Newton beserta contohnya dalam keseharaian.
C.     Kegiatan Akhir
-          Guru membimbing siswa membuat kesimpulan.
-          Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa atas hal yang kurang  dipahami.
-          Guru memberikan postest  sebagai penilaian kognitif dan afektif.
-          Memberikan salam penutup.

V.      ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
A.     Alat dan Bahan
1.       Kelereng                             4. Beberapa balok kayu
2.       Kertas                                 5. Seutas tali
3.       Pegas                                 6. Balon mainan
B.     Sumber Balajar
1.       Marthen Kanginan, 2008, Fisika untuk kelas X, Jakarta, Erlangga.
2.       Tim, 2008, Modul pembelajaran Fisika untuk kelas X semester 1, Bandung, MGMP Fisika.

VI.    PENILAIAN
A.     Penilaian Psikomotor
1.       Merangkaian peralatan dengan tepat.
2.       Kemampuan melakukan demonstrasi sesuai dengan petunjuk.
3.       Kecepaan dalam melakukan demonstrasi.
4.       Kerja sama dalam tim.
5.       Kemampuan menarik kesimpulan dengan benar.
Jumlah skor maksimun : 5,
Nilai = jumlah skor yang didapat/ jumlah total nilai  x 100 %
Kriteria Ketuntasan Minimal : Nilai ≥ 60
Jika dalam akhir pembelajaran ini penilaian psicomotor tidak dapat dilakukan maka penilaian dilakukan pada saat ulangan praktek di akhir semester.

B.     Penialaian Kognitif
1.       Sebutkan beberapa contoh penerapan hukum I Newton dalam kehidupan seharí-hari!
2.       Sebutkan beberapa contoh penerapan hukum II Newton dalam kehidupan seharí-hari!
3.       Sebutkan beberapa contoh penerapan hukum III Newton dalam kehidupan seharí-hari!
4.       Untuk menaik gerobag dari keadaan diam memerlukan gaya yang besar. Tetapi begitu gerobag mulai bergerak, gaya yang diperlukan lebih kecil, mengapa demikian ?
5.       Tentukan percepatan sebuah benda bermassa 2 kg yang mendapatkan gaya sebesar 100 N!
6.       Sebuah gaya F yang dikerjakan pada sebuah benda bermassa m1  menghasilkan percepatan 4 m/s2. Gaya yang sama jika dikerjakan pada benda bermassa m2 menghasilkan percepatan 12 m/s2.
a.       Tentukan perbandingan antara m1 dengan m2 ¡
b.       Berapakah percepatan yang dihasilkan jika m1 dan m2 digabung?

C.     Penilaian Afektif
1.       Kepada siswa yang maju ke depan untuk melakukan demonstrasi dan yang memberikan komentar diberi tanda bintang pada kolom daftar absen, penilaian afektif dillakukan dengan mengakumulasi jumlah keseluruhan tanda bintang yang diperoleh.
2.       Siswa diberikan tugas rumah secara individu untuk mengerjakan soal latihan di buku modul.


                                                                                                        kota Anda, ………………………
           Mengetahui                                                                            Guru Mata Pelajaran
           Kepala SMA……………..                                                        Físika




           _____________________                                                        _____________________
           NIP.                                                                                      NIP. 


EmoticonEmoticon